RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Sekolah : SD……….
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Hindu
Kelas / Semester : 1/
I
Alokasi Waktu : 9
jam ( 3 x pertemuan )
Kode
Kompetensi : Sraddha
Standar Kompetensi : 1. Meyakini Kemahakuasaan Sang Hyang Widhi
sebagai Maha Pencipta
Kompetensi dasar : 1.1 Menunjukkan contoh – contoh ciptaan
Sang Hyang Widhi Wasa
Indikator : - Menulis benda-benda ciptaan Tuhan
-
Menyebutkan
benda-benda yang ada dilingkungan sekolah
-
Menyebutkan
jenis-jenis benda hidup
-
Menyebutkan
jenis-jenis benda mati
-
Menuliskan
jenis-jenis benda mati
-
Menuliskan
jenis-jenis benda hidup
-
Membedakan
antara benda hidup dengan benda mati
a.
Siswa
dapat menulis benda-benda ciptaan Tuhan
b.
Siswa
dapat menyebutkan benda-benda yang ada di lingkungan sekolah
c.
Siswa
dapat menyebutkan jenis-jenis benda hidup
d.
Siswa
dapat menyebutkan jenis-jenis benda mati
e.
Siswa
dapat menuliskan jenis-jenis benda mati
f.
Siswa
dapat menuliskan jenis-jenis benda hidup
g.
Siswa
dapat membedakan antara benda hidup dengan benda mati.
B.
Materi
Pembelajaran
a.
Sang Hyang
Widhi sebagai pencipta
b.
Contoh-contoh
ciptaan Sang Hyang Widhi
C.
Metode
pengajaran
a.
Ceramah
b.
Tanya
jawab
D.
Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Guru, siswa membersalam “Om Swastyastu” dan memulai pelajaran.
b. Berdoa bersama sebelum memulai pelajaran
c. Guru menjelaskan secara singkat materi yang
akan diajarkan dengan kompetensi dasar yang akan dicapai.
2. Kegiatan Inti
Pertemuan I.
Eksplorasi
-
Guru
menjelaskan benda-benda ciptaan Tuhan
-
Siswa
menunjukan benda-benda ciptaan tuhan
Elaborasi
-
Siswa
mencari benda –benda ciptaan Tuhan (Keingin tahuan )
-
Siswa
menulis nama benda-benda yang di peroleh
Konfirmasi
-
Guru
Memeriksa hasil tulisan siswa
-
Guru menguatkan nama benda yang di tulis siswa
-
Guru menunjukkan benda lain yang ada di sekitar sekolah
3. Kegiatan Akhir (Penutup)
a. Guru menyimpulkan hasil belajar
b. Menutup pelajaran dengan salam“
Om Santi, Santi, Santi, Om “
E. Sumber/Alat Belajar
1. Buku pelajaran agama Hindu kelas 1
F. Penilaian Hasil Belajar
a.
Tes lisan
b.
Tes Penugasan
Soal-soal :
1.Makhluk hidup seperti : kambing, anjing,
sapi, ayam adalah ciptaan ……
2, Sebutkan banda yang ada di dalam kelas
dan di luar kelas !
Kunci Jawaban :
1.
Sanghyang Widhi
2.
Di dalam kelas : bangku murid,
bangku guru, almari buku, papan tulis, dll
Di luar kelas
: batu, taman bunga, dan
lain-lain
Lampiran Penilaian Diri
No.
|
Daftar
Pertanyaan
|
Penilaian
|
1.
|
Kambing, sapi,anjing,ayam adalah ciptaan Sanghyang Widhi
|
Yakin
|
Kurang Yakin
|
Tidak Yakin
|
Sama Sekali Tidak Yakin
|
2.
|
Ada benda hidup dan benda tak hidup di lingkungan sekolah
|
Yakin
|
Kurang Yakin
|
Tidak Yakin
|
Sama Sekali Tidak Yakin
|
Keterangan :
Rentang nilai ;
1.
Yakin nilainya 100
2.
Kurang Yakin nilainya 75
3.
Tidak Yakin nilainya 25
4.
Sama Sekali Tidak Yakin nilainya 0
4.Skor Penilaian
1. Soal no 1 bobot 5
2. Soal no 2 bobot 5
Rumus : Perolehan
Skor X 100 = N
10
1.
Penilaian
a.
Penilaian Karakter :
Penilaian dilaksanakan pelajaran berlangsung dengan indikator sesuai
kebutuhan seperti :
No.
|
Nama Peserta
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
|
Keingin tahuan
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
1.
Masing-masing indicator
penlaian di atas memiliki bobot sebagai berikut :
a.
Sangat baik dengan nilai 4
b.
Baik dengan nilai 3
c.
Cukkup Baik dengan nilai 2
d.
Kurang Baik dengan nnnilai 1
2.
Rentang Nilai
Jumlah Skor
|
Nilai
|
Kriteria
|
8
|
81-100
|
(A)
Baik Sekali
|
7
|
61-80
|
(B)
Baik
|
6
|
41-60
|
(C)
Cukup
|
-4
|
0-40
|
(D)
Kurang
|
b.
Penilaian :
1.
Teknik : Test Tertulis
2.
Bentuk Instrumen : Isian
1.Makhluk hidup seperti : kambing, anjing,
sapi, ayam adalah ciptaan ……
2, Sebutkan banda yang ada di dalam kelas
dan di luar kelas !
3.
Kunci Jawaban :
3.
Sanghyang Wiidhi
4.
Di dalam kelas : bangku murid,
bangku guru, almari buku, papan tulis, dll
Di luar kelas : batu,
taman bunga, dll
Lampiran Penilaian Diri
No.
|
Daftar
Pertanyaan
|
Penilaian
|
1.
|
Kambing, sapi,anjing,ayam adalah ciptaan Sanghyang Widhi
|
Yakin
|
Kurang Yakin
|
Tidak Yakin
|
Sama Sekali Tidak Yakin
|
2.
|
Ada benda hidup dan benda tak hidup di lingkungan sekolah
|
Yakin
|
Kurang Yakin
|
Tidak Yakin
|
Sama Sekali Tidak Yakin
|
Keterangan :
Rentang nilai ;
5.
Yakin nilainya 100
6.
Kurang Yakin nilainya 75
7.
Tidak Yakin nilainya 25
8.
Sama Sekali Tidak Yakin nilainya 0
4.Skor Penilaian
1. Soal no 1 bobot 5
2. Soal no 2 bobot 5
Rumus : Perolehan
Skor X 100 = N
10
Pertemuan II
Eksplorasi
-
Guru
menjelaskan benda hidup dan benda
mati
-
Siswa
diajak keluar kelas mencari
benda hidup dan benda mati( Ke ingin-
tahuan )
Elaborasi
-
Siswa menulis nama benda hidup dan benda mati
-
Siswa
menunjukkan benda hidup dan benda
mati pada guru
-
Guru memeriksa
kebenaran benda yang
di tunjukkan
-
Guru menyuruh Siswa membedakan
benda hidup dan benda mati
-
Siswa
menulis nama benda hidup dan
benda mati
Konfirmasi
-
Guru
menguatkan /resepsi kembali tentang
benda hidup dan benda mati
-
Guru
menunjukkan benda hidup dan benda mati yang
lain
3. Kegiatan Akhir (Penutup)
c. Guru menyimpulkan hasil belajar
d. Menutup pelajaran dengan salam“
Om Santi, Santi, Santi, Om “
E. Sumber/Alat Belajar
2. Buku pelajaran agama Hindu kelas 1
F. Penilaian Hasil Belajar
a.
Tes lisan
b.
Tes Penugasan
2.
Penilaian
c.
Penilaian Karakter :
Penilaian dilaksanakan pelajaran berlangsung dengan
indikator sesuai kebutuhan seperti :
No.
|
Nama Peserta
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
Kereligiusan
|
Kejujuran
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
3.
Masing-masing indicator
penlaian di atas memiliki bobot sebagai berikut :
e.
Sangat baik dengan nilai 4
f.
Baik dengan nilai 3
g.
Cukkup Baik dengan nilai 2
h.
Kurang Baik dengan nnnilai 1
4.
Rentang Nilai
Jumlah Skor
|
Nilai
|
Kriteria
|
8
|
81-100
|
(E)
Baik Sekali
|
7
|
61-80
|
(F)
Baik
|
6
|
41-60
|
(G)
Cukup
|
-4
|
0-40
|
(H)
Kurang
|
d.
Penilaian :
4.
Teknik : Test Tertulis
5.
Bentuk Instrumen : Isian
Jenis dan Prosedur
Indikator
|
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Soal-Soal
|
1.Merawat diri sendiri
|
Tes Tulis
|
Isian singkat
|
Membersihkan
gigi dengan …. dan ….
|
2.Hidup rukun dengan saudara
|
Tes Lisan
|
Isian singkat
|
Kalau ibu memasak kita harus …. adik
|
Kunci Jawaban :
1.
Odol dan sikat gigi
2.
menjaga
Lampiran Penilaian Diri
No.
|
Daftar
Pertanyaan
|
Penilaian
|
1.
|
Mandi dua kali sehari tidak lupa menggosok gigi
|
Yakin
|
Kurang Yakin
|
Tidak Yakin
|
Sama Sekali Tidak Yakin
|
2.
|
Putu bermain mobil-mobilan bersama adiknya
|
Yakin
|
Kurang Yakin
|
Tidak Yakin
|
Sama Sekali Tidak Yakin
|
Keterangan :
Rentang nilai ;
9.
Yakin nilainya 100
10.
Kurang Yakin nilainya 75
11.
Tidak Yakin nilainya 25
12.
Sama Sekali Tidak Yakin nilainya 0
4.Skor Penilaian
1. Soal no 1 bobotnya 5
2. Soal no 2 bobotnya 5
Rumus : Perolehan
Skor X 100 = N
10
Mengetahui Guru Bidang Studi
Kepala Sekolah Dasar
Negeri… Pendidikan
Agama Hindu
(…………………………..) (…………………………)
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Sekolah : SD……….
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Hindu
Kelas / Semester : 1/
I
Alokasi Waktu : 9
jam ( 3 x pertemuan )
Kode
Kompetensi : Sraddha
Standar Kompetensi : 1. Meyakini Kemahakuasaan Sang Hyang
Widhi sebagai Maha Pencipta
Kompetensi dasar : 1.2 Menyayangi ciptaan Sang Hyang Widhi
Indikator : - Merawat diri sendiri
-
Hidup
rukun dengan saudara
-
Memelihara
binatang peliharaan dengan baik
-
Merawat
tumbuh-tumbuhan dengan baik
-
Membatu
teman yang dalam kesulitan
A.
Tujuan
Pembelajaran
a.
Siswa
dapat merawat diri sendiri
b.
Siswa
dapat hidup rukun dengan saudara
c.
Siswa
dapat memelihara binatang peliharaan dengan baik
d.
Siswa
dapat merawat tumbuh-tumbuhan dengan baik
e.
Siswa
dapat membantu teman dalam kesusahan
B.
Materi
Pembelajaran
a.
Kasih
Sayang
C.
Metode
pengajaran
a.
Ceramah
b.
Tanya
jawab
D.
Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Guru, siswa member salam “Om Swastyastu” dan memulai pelajaran.
b. Berdoa bersama sebelum memulai pelajaran
c. Guru memberikan apersepsi.
2. Kegiatan Inti
Pertemuan I.
Eksplorasi
-
Guru
menjelaskan cara merawat diri dan
rukun dengan saudara
-
Siswa memeriksa
kebersihan diri
-
Siswa menyebutkan nama saudara kandung
Elaborasi
-
Siswa memperagakan cara-cara merawat diri (Gaya
hidup sehat)
-
Siswa
menyebutkan bagian badan yang dirawat
-
Siswa
menunjukkan cara-cara rukun dengan saudara
Konfirmasi
-
Guru
menguatkan /resepsi kembali tentang cara
merawat diri dan rukun dengan saudara
-
Guru menyuruh
siswa pada pertemuan berikutnya agar menunjukkan anggota badan yang bersih
Pertemuan II
a. Memlihara binatang peliharaan dengan baik
b. Merawat tumbuh-tumbuhan dengan baik
Pertemuan III
a. Membantu teman yang dalam kesusahan
3. Kegiatan Akhir (Penutup)
a. Guru menyimpulkan hasil belajar
b. Menutup pelajaran dengan salam“
Om Santi, Santi, Santi, Om “
E. Sumber/Alat Belajar
1. Buku pelajaran agama Hindu kelas 1
F. Penilaian Hasil Belajar
a.
Tes lisan
b.
Tes Penugasan
Mengetahui Guru Bidang Studi
Kepala Sekolah Dasar
Negeri… Pendidikan
Agama Hindu
(…………………………..) (…………………………)
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Sekolah : SD……….
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Hindu
Kelas / Semester : 1/
I
Alokasi Waktu : 6
jam ( 2 x pertemuan )
Kode Kompetensi : Budaya
Standar Kompetensi : 2. Mengenal tari-tari keagamaan
Kompetensi
dasar : 2.1 Menyebutkan jenis-jenis tari keagamaan
Hindu
Indikator : - Menyebutkan beberapa jenis tarian
-
Membedakan
tari keagamaan dan tari bukan keagamaan
-
Menulis
jenis-jenis tari keagamaan dan bukan keagamaan
-
Menunjukan
cirri-ciri tari keagamaan
A. Tujuan Pembelajaran
a. Siswa dapat menyebutkan beberapa jenis tarian
b. Siswa dapat membedakan tari keagamaan dan tari
bukan keagamaan
c. Siswa dapat menulis jenis-jenis tari keagamaan
dan bukan keagamaan
d. Siswa dapat menunjukan cirri-ciri tari
keagamaan
B. Materi Pembelajaran
a. Tari keagamaan Hindu
C. Metode pengajaran
a. Ceramah
b. Dramatisasi
D. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan I.
1. Kegiatan Awal
a. Guru, siswa member salam “Om Swastyastu” dan memulai pelajaran.
b. Berdoa bersama sebelum memulai pelajaran
c. Guru Menanyakan kepada siswa apakah pernah
malihat orang menari
2. Kegiatan Inti
a. Menyebutkan beberapa jenis tarian seperti tari
pendet, tari baris dll
b. Membedakan tari keagamaan dan tari bukan
keagamaan
c. Menulis jenis-jenis tari keagamaan dan bukan
keagamaan
3. Kegiatan Akhir (Penutup)
e. Guru menyimpulkan hasil belajar dan mengajak
siswa belajar menari
f.
Menutup
pelajaran dengan salam“ Om Santi, Santi, Santi, Om “
Pertemuan II.
1. Kegiatan Awal
a. Guru, siswa member salam “Om Swastyastu” dan memulai pelajaran.
b. Berdoa bersama sebelum memulai pelajaran
c. Guru Menanyakan kepada siswa siapa yang bisa
menari.
2. Kegiatan Inti
a. Menulis jenis-jenis tari keagamaan dan bukan
keagamaan
b. Menunjukan cirri-ciri tari keagamaan
3. Kegiatan Akhir (Penutup)
g. Guru menyimpulkan hasil belajar dan mengajak
siswa belajar menari
h. Menutup pelajaran dengan salam“
Om Santi, Santi, Santi, Om “
E. Sumber/Alat Belajar
1. Buku pelajaran agama Hindu kelas 1
F. Penilaian Hasil Belajar
a.
Tes lisan
b.
Tes Penugasan
Mengetahui Guru Bidang Studi
Kepala Sekolah Dasar
Negeri… Pendidikan
Agama Hindu
(…………………………..) (…………………………)
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Sekolah : SD……….
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Hindu
Kelas / Semester : 1/
I
Alokasi Waktu : 6
jam ( 2 x pertemuan )
Kode Kompetensi : Budaya
Standar Kompetensi : 2. Mengenal tari-tari keagamaan
Kompetensi
dasar : 2.2 Menunjukan contoh-contoh tari keagamaan
Hindu
Indikator : - Mencotohkan salah satu gerak tari keagamaan
Hindu
-
Menunjukan
tari keagamaan Hindu yang ditarikan oleh Pria
-
Menunjukan
tari keagamaan Hindu yang ditarikan oleh Wanita
A. Tujuan Pembelajaran
a. Siswa dapat mencontohkan salah satu gerak tari
keagamaan Hindu
b. Siswa dapat menunjukan tari keagamaan Hindu
yang ditarikan oleh Pria
c. Siswa dapat menunjukan tari keagamaan Hindu
yang ditarikan oleh Wanita
B. Materi Pembelajaran
a. Contoh Tari keagamaan Hindu
C. Metode pengajaran
a. Ceramah
b. Dramatisasi
D. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan I.
1. Kegiatan Awal
a. Guru, siswa member salam “Om Swastyastu” dan memulai pelajaran.
b. Berdoa bersama sebelum memulai pelajaran
c. Guru Menanyakan kepada siswa siapa yang bisa
menari dan menyuruh memperagakan.
2. Kegiatan Inti
a. Menunjukan salah satu gerak tari yang telah
ditarikan oleh siswa
b. Tari keagamaan Hindu yang ditarikan oleh pria,
misalnya Tari baris, topeng, jauk, dll
3. Kegiatan Akhir (Penutup)
a. Guru menyimpulkan hasil belajar bahwa gerakan
tari itu berbeda
b. Menutup pelajaran dengan salam“
Om Santi, Santi, Santi, Om “
Pertemuan II.
1. Kegiatan Awal
a. Guru, siswa member salam “Om Swastyastu” dan memulai pelajaran.
b. Berdoa bersama sebelum memulai pelajaran
c. Guru Menanyakan kepada siswa siapa yang bisa
menari dan menyuruh memperagakannya.
2. Kegiatan Inti
c. Tari keagamaan Hindu yang ditarikan oleh pria,
seperti tari baris, jauk, topeng dll
d. Tari keagamaan Hindu yang ditarikan oleh wanita
misalnya tari panyembrahma, rejang dewa, pendet dll
3. Kegiatan Akhir (Penutup)
a. Guru menyimpulkan hasil belajar bahwa gerakan
tari itu berbeda. Ada gerakan tari khusus yang ditarikan oleh pria dan ada
gerakan khusus yang ditarikan oleh wanita.
b. Menutup pelajaran dengan salam“
Om Santi, Santi, Santi, Om “
E. Sumber/Alat Belajar
1. Buku pelajaran agama Hindu kelas 1
2. Alat peraga/gambar yang relevan
F. Penilaian Hasil Belajar
a. Tes unjuk
kerja
b. Tes
Penugasan
Mengetahui Guru Bidang Studi
Kepala Sekolah Dasar
Negeri… Pendidikan
Agama Hindu
(…………………………..) (…………………………)
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Sekolah : SD……….
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Hindu
Kelas / Semester : 1/
I
Alokasi Waktu : 9
jam ( 3 x pertemuan )
Kode
Kompetensi : Yadnya
Standar Kompetensi : 3. Mengenal sikap-sikap sembahyang
Kompetensi dasar : 3.1
Menyebutkan jenis-jenis sembahyang
Indikator : - Mengenal sikap-sikap sembahyang
-
Mengenal
sikap pangenjali umat
-
Melatih
mengucapkan salam pangenjali umat
-
Melatih
mengucapkan salam parama santih
-
Menirukan
sikap-sikap sembahyang
-
Melatih
sikap padasana
-
Melatih
sikap padmasana
-
Melatih
sikap bajrasana
-
Melatih
sikap kramaning sembah
A.
Tujuan
Pembelajaran
a.
Siswa
dapat Siswa dapat mengenal sikap-sikap sembahyang
b.
Siawa
dapat mengenal sikap-sikap pangenjali umat
c.
Siswa
dapat melatih mengucapkan salam pangenjali umat
d.
Siswa
dapat melatih mengucapkan salam parama santih
e.
Siswa
dapat menirukan sikap-sikap sembahyang
f.
Siswa
dapat melatih sikap padasana
g.
Siswa
dapat melatih sikap padmasana
h.
Siswa
dapat melatih sikap bajrasana
i.
Siswa
dapat melatih sikap kramaning sembah
B.
Materi
Pembelajaran
a.
Sikap-sikap
sembahyang
C.
Metode
pengajaran
a.
Ceramah
b.
Penugasan
D.
Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Guru, siswa member salam “Om Swastyastu” dan memulai pelajaran.
b. Berdoa bersama sebelum memulai pelajaran
c. Guru menjelaskan secara singkat materi yang
akan diajarkan dengan kompentensi dasar yang akan dicapai
2. Kegiatan Inti
Pertemuan I.
a. Menyebtkan sikap-sikap sembahyang
b. Menyebutkan sikap pangenjali umat
c. Menirukan mengucapkan salam pangenjali
Pertemuan II
a. Menirukan mengucapkan salam parama santih
b. Menyebutkan sikap-sikap sembahyang
c. Menyebutkan sikap padasana
Pertemuan III
a. Menyebutkan sikap padmasana
b. Menyebutkan sikap bajrasana
c. Menyebutkan sikap kramaning sembah
3. Kegiatan Akhir (Penutup)
a. Guru menyimpulkan hasil belajar pada tiap-tiap
pertemuan
b. Guru meminta agar para siswa rajin mempelajari
sikap-sikap sembahyang
c. Menutup pelajaran dengan salam“
Om Santi, Santi, Santi, Om “
E. Sumber/Alat Belajar
1. Buku pelajaran agama Hindu kelas 1
2. Buku bacaan
3. Alat peraga/gambar yang relevan
F. Penilaian Hasil Belajar
1.
Tes
pengamatan
2.
Tes
penampilan/unjuk kerja
3.
Tes
Penugasan
Mengetahui Guru Bidang Studi
Kepala Sekolah Dasar
Negeri… Pendidikan
Agama Hindu
(…………………………..) (…………………………)
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Sekolah : SD……….
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Hindu
Kelas / Semester : 1/
I
Alokasi Waktu : 9
jam ( 3 x pertemuan )
Kode Kompetensi : Yadnya
Standar Kompetensi : 3. Mengenal sikap-sikap sembahyang
Kompetensi
dasar : 3.2 mempraktekan sikap tri sandya
Indikator :
-
Melatih
sikap amustikarana
-
Melatih
sikap pranayama
-
Melatih
sikap kara sudhana
-
Melatih
sikap waktra sedaya
-
Melafalkan
mantra Tri sandya bait I
-
Menerapkan
tri sandya dalam kehidupan sehari-hari
A. Tujuan Pembelajaran
a. Siswa dapat melatih sikap amustikarana
b. Siawa dapat melatih sikap pranayama
c. Siswa dapat melatih sikap kara sudhana
d. Siswa dapat melatih sikap waktra sedaya
e. Siswa dapat melafalkan mantra tri sandya bait I
f.
Siswa
dapat menerapkan tri sandya dalam kehidupan sehari-hari
B. Materi Pembelajaran
a. Sikap-sikap sembahyang
C. Metode pengajaran
a. Ceramah
b. Penugasan
A. Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Guru, siswa member salam “Om Swastyastu” dan memulai pelajaran.
b. Berdoa bersama sebelum memulai pelajaran
c. Guru menjelaskan secara singkat materi yang
akan diajarkan dengan kompentensi dasar yang akan dicapai
2. Kegiatan Inti
Pertemuan
I.
a. Menyebutkan sikap amustikarana
b. Menyebutkan sikap pranayama
Pertemuan II
a. Menyebutkan sikap kara sudhana
b. Menyebutkan sikap waktra sedaya
Pertemuan III
a. Menyebutkan mantra tri sandya bai I
b. Menerapkan tri sandya dalam kehidupan
sehari-hari
3. Kegiatan Akhir (Penutup)
a. Guru menyimpulkan hasil belajar pada tiap-tiap
pertemuan
b. Guru meminta agar para siswa rajin mempelajari
sikap-sikap sembahyang
c. Menutup pelajaran dengan salam“
Om Santi, Santi, Santi, Om “
E. Sumber/Alat Belajar
1. Buku pelajaran agama Hindu kelas 1
2. Buku bacaan doa sehari-hari
3. Alat peraga/gambar yang relevan
F. Penilaian Hasil Belajar
1.
Tes
pengamatan
2.
Tes
penampilan/unjuk kerja
3.
Tes
Penugasan
Mengetahui Guru Bidang Studi
Kepala Sekolah Dasar
Negeri… Pendidikan
Agama Hindu
(…………………………..) (…………………………)